Tuesday 29 September 2015

Kabut Azap

Iya, jadi kabut azap asap udah 1 bulan lebih bahkan sampe sekarang belum juga hilang. Kalo diliat-liat makin hari bukannya menipis malah semakin parah. Indonesia banyak banget hutan yang kebakar sampe disebut-sebut sebagai negara pengekspor asap. Keren loh. Negara lain keliatannya belum ada tuh.

Tahun ini akan menjadi musim kemarau terparah. Semua daun yang dulunya ijo sekarang udah berubah warna menjadi ke-emasan. Bagus dong?? (Daun kering maksudnya..).

Bukan cuma asap biasa yang beredar di udara tapi Debu!,. Debu halus sejenis serbuk yang merupakan sisa - sisa kebakaran. Debu - debu dan temannya pada nyelonong masuk ke rumah dan ngotorin seisi rumah. Aku juga jadi ngerasa kotor.. (karena debu). Mereka sepertinya belum pernah di ajarkan sopan santun kalo masuk ke rumah orang ( Siapa ya yang Bego??).

Kalo hari - hari biasa pas bangun tidur biasanya langsung deketin jendela (Jendela aja di deketin) untuk ngebukanya, ya supaya udara di dalam kamar terganti sama udara pagi dari luar. Tapi itu dulu kalo sekarang mah boro - boro.
Duduk diem sambil main laptop aja tiba - tiba para debu dan temannya udah pada nempel yang dikeyboard, dilayar, dibaju, dimana - mana. Padahal aku itu diem loh, apalagi kalo aku ganggu mereka, coba bayangkan ( ntar lo gila sendiri ).

Berhubung suasana sekarang banyak asap jadi kalo mau kemana - mana harus pake masker, pake helm, pake baju. Itukan ribet. Jujur yang paling ribet itu pake masker. Kenapa??. Gimana ya ceritanya?? (ada hubungannya sama hidung lah), Pokoknya kalo aku make masker itu akan ngebuat napas aku jadi makin sesak.

Sekolah kami juga beberapa minggu lalu sempat ngadain sholat istisqa' walaupun faktanya sampe sekarang belum ada hujan turun. Sebenernya yang sholat juga pada nggak serius termasuk.. (aku serius kok).




Tapi bagi anak sekolah banyak kabut itu hal yang bahagia. Kenapa? karena sekolah akan diliburkan selama kabut asap, kalo pun sekolah, pulangnya akan lebih cepat dari biasanya . Seneng kan??

Tapi Sedih juga sih,,
Semakin hari air bersih semakin berkurang. Yang dulunya ngisi bak mandi tinggal nyolok, sekarang perlu usaha. Yang dulunya kalo mandi air setengah bak habis, sekarang harus irit - irit biar nggak kena oceh. Semuanya berubah menjadi semakin sulit. Nggak kebayang kalo sampe nggak ada air..
Mau Minum apa? Mandinya gimana? Boker???   

Sampe ada yang Bilang ini asap atau azab.


Apa pendapat kalian??





2 comments :

Terimakasih Telah Membaca.
Ditunggu Komentarnya.. :*