Wednesday 9 March 2016

Gerhana dan Anak Kucing


Gerhana matahari 9 Maret 2016. Aku tinggal di wilayah pulau sumatera. Kota Jambi tepatnya. Berdasarkan informasi yang aku baca, liat dan dengar, bahwasannya Jambi mendapati gerhana sebesar 98%. Cuma kurang 2%. Tapi sayangnya, gerhana 98% nya di Candi Muaro Jambi dan Sarolangun. Jauh dari rumah. Apalagi gerhananya dimulai jam  06.21 WIB. Mau pergi dari rumah jam berapa dan sama siapa?

Karena faktor diatas penyebabnya, akhirnya aku tetep stay dirumah. Bangun tidur tadi sekitar jam 05.45 WIB. Sholat subuh. Langsung nonton tv.

Pindah-pindah chanel sama semua. Nggak semua juga sih. Tapi rata-rata penayangannya dari Palembang, Belitung, dan Ternate.

Masih di depan tv dan perlahan bulan mulai nutupin matahari. Artinya gerhana sudah dimulai. Cuaca di Jambi emang berawan jadi dari pagi emang nggak ngeliat ada cahaya kuning ke-orenan kayak biasa.


Lagi serius nonton tv, keponakan aku dateng dan sibuk ngeliat-liat matahari. Padahal nggak bakal keliatan kan? 
Tapi diluar dugaan. Aku duduk disamping jendela. Pas kepala aku muter ke arah kiri. Subhanallah. Ternyata keliatan matahari nya yang udah mulai ketutup sama bulan. Berhubung nggak ada rencana ngeliat langsung gerhana jadi kita semua nggak ada yang punya kacamatanya.

Beberapa kali gerhananya ketutupan awan, jadi nggak terlalu silau dan bisa diliat langsung. Kalo diliat-liat bentukannya sama banget kayak gerhana di Belitung.

Kita juga ngerasain suasana kayak masih subuh. Gelap. Dan perlahan mulai terang lagi. Artinya matahari dan  bulan bakal berpisah. Sedih sampe laper. Baper maksudnya.
Bagus banget. Pertama kali liat langsung dan mungkin juga yang terakhir. Ngiranya nggak bakal liat langsung, tapi ternyata dari rumah aja keliatan. Lagi nunggu perpisahannya mereka (Matahari & Bulan) selesai aku di panggil-panggil karena ada anak kucing di samping rumah. Sebelah kamar tepatnya. Cuma berbataskan tembok.

Lucu-lucu. Ada 6 biji.  Ada 3 cowok dan 2 cewek. Keliatannya sampe saat ini semuanya punya ekor, jadi kalo ditotalkan jumlahnya ada 5 ekor. Sampe sekarang belum diketahui ibu mana yang tega nelantarin anak-anak kucing itu.

Kesibukan berpindah ke anak kucing. Aku cari-cari kotak sama kain yang nggak dipake. Rencananya buat tempat tidur para anak kucing. Pas para anak kucing itu dibawa masuk sama seorang cewek manis, tiba-tiba terdengar suara ocehan:

Bapak: “Kenapa dibawa masuk?”

Cewek manis: “kasian diluar.”

Bapak: “nanti pada berak (pup)!, nggak mau pula ngebersihinnya!”

Cewek manis: “(Aelah, jijik bener), ya ya aku taro luar”

Gitulah sekilas ocehan yang terjadi pas aku bawa para kucing itu masuk. Jadi sampe sekarang kucingnya masih di samping rumah.

Tadinya si pengen ngambil buat jadi adek. Tapi cuma dibolehin 2 biji/ 1 ekor/ 2 mata. Nggak jadi. Kasian kalo cuma 1 ekor. Ntar kalo aku sekolah dia main sama siapa? Ntar si coki (kucing paling tua di rumah) ngajakinnya berantem. Kan bahaya.


Apa ada yang mau nge-adopsi?

11 comments :

  1. Wah enak dund neng ditempat neng mah 98%
    Ditempt abang cuma 80%
    Yg 98 aja g keliatn apa lagi 80
    Hmmm mana foto anak kucingnya
    Abang penasarn?
    Itu ada 6 biji, 3 cowok dan 2 cewek
    Aneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nggak liat gerhananya secara langsung ya bang?

      Lah, itU paling awal ada foto nya para anak kucing. Coba liat lagi.

      Nggak aneh kok, abang aja yang nggak ngerti. Tapi males ah ngejelasinnya. Coba dipikir lagi.

      Delete
    2. Oh iya ya
      Kemaren perasaan ga da deh

      Delete
  2. Weleh? kasihan toh, mbak kucingnya dibiarin di luar. :v entar kalo hujan gimana? simpen dalam kardus aja :v :v terus, di buat jendela juga pintu, jadi serasa kayak punya rumah gitu dia :v...
    kan ada 5, ibu, bapak, dan 3 anak.. pas bangetkan? keluarga berencana? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya baru tahu, ternyata di jambi 98% gerhana-nya, ya? :v cuma 2 persen lagi jadi total tuh :v

      Delete
    2. Iya, kasian emang. Apalagi tadi subuh hujan. Tapi mereka ada dibuatin tempat juga kok. Jadi nggak terlalu kedinginan lah.

      Eh ngebahas ibu bapak nya, semalam aku ngeliat ada induk kucing nyusuin 5 anak kucing itu. Dan si Coki (kucing paling tua) ada di deket kucing-kucing itu.
      Jadi bisa diambil kesimpulan kalo kucing akulah yang udah ngehamili induk kucing tsb.

      Tapi aku salut. Sekalipun diluar nikah mereka berdua tetep kompak ngerawat anak-anaknya. Sekarang jadi sedih karena salah satu kucing cowoknya mau diadopsi :'(

      Delete
    3. Ho'oh. Tapi sayangnya Cuaca di Jambi lagi berawan jadi nggak bisa liat total.

      Delete
  3. Replies
    1. Udah nggak ada lagi. Malam ke-3 dibawa induknya pindah. Nggak tau kemana. Sedih liat perjuangan si Induk ngegendong anaknya pake mulut. Sampe jatoh-jatoh gitu. *yah aku jadi kangen mereka lagi...

      Delete
  4. Indri dari jambi, ya? Wah.... salam kenal dari Pekanbaru, ya..

    Ngomonging Gerhana, kemaren di Pekanbaru aku juga lihat. Tapi, aku gak sanggup lihat lama-lama. Takut aja, sih. Bulannya gak pulang2 ke putarannya. Kan galau jadinya kalo tiap hari gelap. Pasti bakalan kangen cahayakan?

    Makanya, setelah lihat bentar ngintip dari pintu, aku langsung masuk lagi. Serem.

    Btw, kok beneran di tarok di luar kucingnya Ndri.. kan kasihahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak :)
      Haha, emang seberapa lama Gerhana disana? Di jambi gelap nya nggak lama kok.

      Iya, kucingnya beneran tidur diluar. Kan disamping rumah aku itu kayak ada tumpukan kayu. Kebetulan dibawah tumpukan itu ada ruang yang tingginya sekitar 30cm. Dari pertama dateng mereka udah ada disitu. Jadi aku cuma kasih alas sama nutupin kayunya. Biar nggak Kena hujan.. Hehhe

      Delete

Terimakasih Telah Membaca.
Ditunggu Komentarnya.. :*